Wednesday 8 May 2013

Garut - Lebak Bulus


Rumah adalah tempat favorit gue kalau liburan panjang (kayaknya tempat favorit semua anak rantau) atau kalo ada tanggal merah di hari kamis atau jumat. Selalu ada cerita saat perjalanan gue pulang dari Nangor ke Depok. Selalu. Tapi yang akan gue share disini cuma episode pulang gue yang sekarang, karena episode pulang gue yang kemaren-kemaren pasti ada hubungannya sama masa lalu HAHA.

Sebelumnya gue mau sedikit kasih tau dulu kalo sebenarnya I ever had a not-wanna-go-home syndrome. This syndrome occurs when actually you love your hometown so much but then someone—jerk—reminds you of your hometown so you hate it very much. Selama tiga minggu lebih gue mampu bertahan di Jatinangor dan sangat amat tidak tergiur untuk pulang.

Well, this is my second time to Depok since I have been being a…… (YOU KNOW ME SO WELL)
Hari ini hari Rabu, besoknya hari Kamis (IYA WIS IYA) tanggal merah. Sebenernya gue mau pulang hari Selasa tapi karena dosen itu kurang ajarnya kebangetan, jadi matkul hari Kamis ada make up class di hari Rabu. Tapi itu nggak menghalangkan niat gue untuk pulang sebelum nanti gue akan lama nggak pulang. Biasanya gue suka bareng Aling kalo mau pulang sampe ke pul  (I do not know how to spell and I do not know whether it is Bahasa or English) primajasa. Tapi minggu ini Alingnya nggak pulang dan dia bilang, “kaya anak ayam aja ntar gue kalo balik mulu.” Hikkssss sedihhhh :’’’

Primajasa adalah bus idaman anak Unpad. Udah murah, cepet, enak (kalo nggak ngantri). Dengan Rp 26.000,00 lo udah bisa balik ke Jakarta pake AC, kalo bus lain sih bisa sampe gocap. Tapi di Indonesia tuh harga nggak pernah boong. Bayangin, setiap mau long weekend kayak gini, tol cileunyi sama pul primajasa udah kaya ada di dalem gelas berisi cendol. Padet banget. Mau masuk aja rebutan dan ramenya ga karuan. Saat rebutan itu udah nggak liat status, mau cewe, ibu ibu atau anak kecil, kalo pas busnya udah dateng pasti langsung dorong-dorongan. Begitupun sama apa yang gue alami hari ini. Saat bus udah datang, gue ancang-ancang ambil posisi, yang gue liat di sekeliling gue cuma bergerombol-gerombol mahasaiswa yang mau pulang. Pas pintu bus kebuka dan semua udah saling mendorong, ada suara ibu-ibu teriak, “eh tolong itu ada anak kecil yang naik ya tolong, ya Allah….” Kasian banget pokoknya ibu-ibunya sambil bawa anaknya yang berumur 5 tahun. Tapi gue juga nggak bisa ngapa-ngapain karena gue pun butuh naik ke bus. Tapi dengan tidak mendorong si ibu itu membuat gue merasa gue udah sedikit ngebantu.

Sampai akhirnya….

Gue nggak dapet tempat duduk. Ada enam orang perempuan yang akhirnya harus duduk di depan (lantai) termasuk ibu-ibu tadi. Tiga jam duduk di tempat yang nggak-ada-empuknya-sama-sekali was definitely exhausted. Di tengah perjalanan ada bapak-bapak yang turun dan akhirnya ibu dan anaknya bisa duduk di kursi empuk primajasa. Karena gue duduk sebelah pak supir, yang gue liat cuma pemandangan jalanan aja, pas gue liat ke belakang, ternyata buanyak buanget orang yang pada berdiri. Primajasa bener-bener kaya cendol. Kaki gue udah teriak-teriak minta diselonjorin, pantat gue udah jejeritan minta duduk di kursi empuk. KAPAAAN INI SAMPENYAAAA??? Dan sebelah gue sudah berganti dengan sosok pria kacamata which reminds me of.... RANshjbfsjbv (nama doesn)! Yak, dosen ter-ngeselin sejagat raya!!! Ngeliat sebelah gue tuh rasanya pengen gue tonjok-tonjokkin deh. Eh, he also looked like orang yang gue sebelin. Intinya cowo itu udah mengingatkan gue sama dua orang cowok yang rasaya pengen gue kasih bogeman gue, errrr! 

Berangkat sekitar jam setengah 2 dan sampe pasar rebo jam 4.15. Gue berharap ada sinkansen untuk Bandung-Depok. Atau ngga, bus primajasa ditambahin jadi 20 unit jurusan Garut-Lebak Bulus dalam rentang waktu 1 jam. AAMIIN...

2 comments:

  1. did i ever said that? the anak ayam? -_-
    itu bapak bapak ga berhati banget sih jadi laki. eh apa jangan jangan bukan laki laki?
    well, ga usah shinkansen bandung-depok deh, wis. kereta ekonomi nangor-depok/bekasi kalo ada juga gue mau banget :"

    ReplyDelete
  2. aha (gaya Netti), you said it two weeks ago.
    iya, laki2 di primjas patut diragukan jenis kelaminnya-_-
    iya yingggg bgtt :G (emote ngiler di bbm)

    ReplyDelete