Sunday 28 July 2013

People Change

Udah banyak banget pepatah yang bilang kalo “People change”. Well, kalo kata Paramore di lagu “Brick by Boring Brick”-nya sih gini, the change is good. Menurut gue pribadi sih, it depends on what case, but mostly the change is good.

The change yang akan lo sadari terhadap hal-hal yang ada di sekitar lo adalah saat lo udah lama nggak ketemu sama hal itu. Ini juga yang pastinya bakal lo rasain saat reuni atau buka bersama sama temen-temen lama yang udah lama banget pastinya lo nggak ketemu.

Semakin dewasa seseorang semakin keliatan juga karakter yang melabelkan dirinya itu yang kaya gimana aja. Saat lo udah lama nggak ketemu sama orang lain lagi, mungkin aja karakter dia yang melekat di otak lo begini jadinya begitu. Kaget sih, pastinya. Kadang gue mikir, semua orang baik nggak mungkin bisa jatoh ke dalem lubang yang “nggak cukup baik” karena mereka pastinya tau yang mana yang baik dan engga. Tapi semua persepsi gue dihajar oleh waktu. No one knows what will happen to you. Cuma waktu yang kemudian bisa jawab.

Kaget, saat orang yang menurut gue dewasa dan paling dalem sama masalah “memaknai hidup” tapi tiba-tiba dia ngeubah labelnya  ke yang agak kurang baik di mata gue. Di mata gue ya. Your change is still good for some people. Gue sih nggak bisa ngapa-ngapain dan mendadak nggak suka sama orang itu, cuma saat ini dia lagi ada di kolom yang kurang baik aja di otak gue. Otak gue mencerna kata-kata temen gue yang bilang, “telat ya, masa bandelnya mau di umur segini. Umur segini tuh udah tinggal mikirin gimana caranya bahagiain orang tua.” Nampol banget lah kalimat itu!

Tapi nih ya, the change does not usually happen to people whom you seldom meet with, but also happens to people you used to meet even have a pretty good relationship with. Berdasar dari pengalaman dan cerita-cerita orang, kalo lo ngerasa ada yang berubah dari pasangan lo berarti lo ada di stage where you are in the unstable level. Gak stabil disini sih maksudnya lo lagi dalam tahap bimbang dan mikirin mau lanjut atau nggak karena dia bukan lagi orang yang seperti biasanya lo tau.

Kalo emang lo ada di tahap seperti itu, you have to face the fact that people change. Seseorang nggak mungkin berada di tempat yang sama karena dunia itu selalu berputar. Bahkan sekalipun dia nggak berubah menurut lo, sel darah dalam diri seseorang terus berganti. Cara ngatasinnya sih emang nggak gampang, tapi bisa dilakuin. Belajar nerima perubahan dia. Kalo emang lo ngerasa gak nyaman ya bilang, jangan diem aja. Manusia itu nggak selamanya bisa jadi mind reader.

Well, people change and will always change. If you do not realize it, maybe you are changing.

2 comments: