Monday 21 October 2013

Backpacker ke Jogja

Hello fellas!
It’s been long time since I didn’t write anything and just updated the old post. Sekarang gue mau berbagi pengalaman tentang liburan yang sebenernya udah lewat cuma baru sempet nulis sekarang. I went to Jogja last holiday. Sebenernya sih bukan liburan yang mewah, gue dan teman-teman SMA gue kesana berlibur ala backpacker. Gue punya beberapa tips yang sebaiknya lo lakuin sebelum pergi liburan.

  1.  Decide where you want to go. Pastiin lo mau pergi kemana dalam jangka waktu minimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Jangan anggap sepele karena tiga bulan itu terhitung sebentar dan nggak setiap hari juga lo akan keingetan tentang liburan lo, so decide immediately.
  2.  Make sure who will join. Masalah yang ini juga bisa dihitung sebagai masalah serius karena kadang ada juga orang yang mungkin belum pasti terus agak lama ngasih kepastiannya. Cara ngatasin temen yang kaya gitu harus dengan omongan baik-baik, bilang aja kalo dia belum pasti nanti lo susah booking penginapan dan tiket keretanya. Kalau dia belum pasti karena susah dapet izin dari orang tuanya, mungkin lo dan temen-temen yang lain bisa bantu ngomong ke orang tuanya.
  3. Book train ticket and hotel ASAP. Sebenernya yang jadi main pointnya itu booking penginapan. Jogja bukan kota yang nggak terkenal, dan jangan kira kalo yang bakal liburan kesana itu cuma lo doang meskipun lo liburan di bukan hari libur. Gue sempet punya pengalaman, rencananya beberapa minggu lagi gue mau berlibur kesana, tapi karena baru fix tentang siapa aja yang mau ikut di H-14 jadi gue dan temen-temen baru mulai panik cari penginapan. Luckily, kita masih sempet dapet hotel kelas bawah setelah hampir 30 kali nelfon ke setiap penginapan. Semakin awal lo booking, semakin bisa dapet penginapan yang terjangkau dan enak juga. Kereta sih sebenernya masih bisa lo dapetin dengan cukup mudah, apalagi kalo yang berangkatnya dari Jakarta. Lo bisa pilih untuk naik kereta yang pastinya udah didiskusiin sama lo dan temen-temen. Untuk sampe ke Stasiun Tugu, lo bisa naik kereta ekonomi yang notabene sekarang ekonominya udah pake AC, kisaran harganya 140 ribu. Kalo emang lo mau naik yang the real economy class, itu nggak turun di Stasiun Tugu, lo akan turun di Lempuyangan. Kalau yang dari daerah sekitaran Bandung, itu naiknya dari Stasiun Kiara Condong dengan harga tiket kisaran 50 ribu. Biasanya sih untuk liburan ala murah meriah bisa pake kereta ini. Jangan khawatir, bisa booking online juga kok.
  4. Make an itinerary. Ini juga bisa jadi salah satu masalah saat liburan. Jangan sampe saat udah excited banget bisa ke Jogja eh nggak taunya cuma tau Parangtritis sama Candi Borobudur doang. Don’t waste your time, buddy. Bisa liburan bareng temen-temen tuh once in a blue moon. Sebelum lo berangkat, kenali dulu kota itu dengan baik, cari tau tempat mana aja yang bakal lo kunjungin. Jangan sampe ada hari dimna lo nggak tau mau kemana lagi. Jangan sering-sering di penginapan juga, it’s a waste!
  5. List all of things you must bring. Pas lagi nyantai nih, mending lo tulis daftar apa aja yang harus dibawa untuk pergi. Sehari sebelum berangkat bisa lo check lagi sebelum akhirnya lo nyesel ada satu barang yang nggak kebawa padahal itu bisa jadi penting.
  6. Prepare yourself well. Jangan cuma perlengkapan sama tiket-tiket aja yang udah lo siapin, kesehatan diri sendiri juga. Jaga kesehatan sebelum pergi, karena ga akan seru banget kalo lo liburan tapi malah sakit. Jangan ngelakuin hal yang aneh-aneh juga sebelum lo liburan, pokoknya siapin diri lo sebaik mungkin.

Mungkin ini bisa jadi referensi untuk liburan ke Jogja kalian. Ini daftar perjalanan yang waktu itu gue lakukan dari hari Selasa, 20 Agustus 2013 - Sabtu, 24 Agustus 2013.

Day 1 (Selasa)
14.00 Berangkat dari rumah ke stasiun Senen
18.30 Kereta berangkat

Day 2 (Rabu)
03.00 Sampai di Stasiun Tugu
05.30 Berangkat ke penginapan
06.00 Istirahat di penginapan (ngelempengin kaki)
10.00 Mandi dan beres-beres
11.00 Berangkat ke Taman Pintar
16.00 Sampai ke penginapan, istirahat
19.00 Main di sepanjang jalan Malioboro
22.30 Kembali ke penginapan

Day 3 (Kamis)
09.00 Mandi
10.00 Berangkat ke Pantai Indrayanti naik mobil sewaan
12.00 Sampai di Pantai
14.00 Berangkat  ke Gunung Api Purba
15.30 Sampai di Gunung Api Purba
18.30 Berangkat ke Bukit Bintang (Kalau nggak salah)
19.00 Sampai di Bukit Bintang
20.30 Sampai di penginapan
22.00 Berangkat ke patung SUPERSEMAR
00.30 Sampai di penginapan

Day 4 (Jumat)
09.00 Sewa sepeda
13.30 Belanja ke Malioboro
15.30 Jalan-jalan naik sepeda
20.00 Makan
21.00 Berangkat ke alun-alun utara
23.30 Minum Kopi Jos
01.00 Tugu
02.30 Sampai di penginapan

Day 5 (Sabtu)
08.00 Beli oleh-oleh
09.00 Mengembalikan sepeda
09.30 Sarapan
10.00 Istirahat, packing
15.00 Berangkat ke Stasiun Tugu
18.00 Kereta berangkat

Ini adalah beberapa tempat yang gue kunjungin waktu di Jogja.

Stasiun Tugu adalah stasiun yang beda banget dari stasiun yang pernah gue kunjungin. It is very cozy station! Nuansa Jawanya berasa banget, nyamannya juga berasa di rumah karena stasiun ini bersih banget.

Pemandangan Gunung Api Purba di jam setengah lima sore

Bebatuan Gunung Api Purba

Perempuan manis di Gunung Api Purba (peace)

Bukit Bintang is very incredible!

Ke Alun-alun Utara tuh mesti banget naik sepeda neon yang seru banget!

Tugu Cinta! Boong deng, Tugu Jogja!

Perhatiin lampu-lampunya aja ya

Salah satu hewan di Taman Pintar

Ilmu astronomi di Taman Pintar

It's Physics

Ini makhluk yang menghibur selama di Jogja

Di depan Taman Ilmu

Ini keadaan di malam harinya Jalan Malioboro ujung, dekat gedung BNI. Foto ini diambil di depan Benteng Vredeburg. 

Ini di sisi kiri Benteng Vredeburg


Pantai Indrayanti yang super beautiful!

Perhatiin pemandangannya aja ya, dia udah punya pacar

Well, Jogja was very memorable and incredibly awesome place!

No comments:

Post a Comment